Catatan Jhoni

Inspirasi dan Informasi

"Ditulis dengan Hati dan Hati-hati"
Facebook  Twitter  Google+ Instagram Linkedin Path Gmail

Penghasilan dari Online, Pilih Jadi Vlogger atau Blogger?






Jika anda ingin menjadi vlogger (atau youtuber) dan bloger hanya untuk menghasilkan uang, sebaiknya anda berhenti baca di sini! Lanjutkan membaca yang ini saja. (hehe)
Selanjutnya, baca yang di bawah ini (wekaweka).

Tapi, jika anda menemukan diri anda nyaman dalam kedua aktifitas tersebut, anda sudah tepat membaca catatan ini. Silakan dibaca artikelnya sampai habis. Hahaha.

Artikel ini sengaja diberi judul “Pilih Vlogger atau Blogger?”. Ini mengingat semakin banyaknya para generasi saat ini, mengikuti jejak senior-seniornya, menjadi pengusaha dunia maya.
What? Pengusaha? Iya! 

Lha, wong aktifitas mereka lebih banyak menghasilkan uang dari lalu-lintas dunia maya, kok. Itu kan berusaha juga. Ya, kan? Pengusaha dong namanya.

Sudah banyak anak muda yang sukses mendulang rupiah lewat keasyikan “bermain-main” dengan dunia digital (dan dunia online/OL).

Kecanggihan teknologi, berikut peluang-peluang penghasilan yang disediakannya, kadang secara tidak sengaja “mematahkan” bahkan menjungkirbalikkan anggapan selama ini, bahwa untuk mendapatkan penghasilan yang besar, harus kerja di sini. Posisi itu. Berangkatnya jam segini. Pulangnya gak diantar... ahaha.. Maksudnya semua sudah ditentukan dan diatur sedemikian rupa.
Fenomena ojek online, misalnya, telah mematahkan tradisi yang berlaku selama ini: Kalau ngojek, harus nunggu di pangkalan. Nyari penumpang di persimpangan. 

Dengan kecanggihan di era digital, ngojek tidak harus mengunggu di pangkalan. Atau mencari Mak-emak sehabis belanja di pasar, maupun di sepanjang jalan. Lewat aplikasi, ojek jadi naik kelas. Kerjanya lebih ringkas. 

Hanya bermodal smartphone, penarik ojek hanya tinggal melihat ke gadgetnya. Jika pesanan tiba, ia bisa langsung meluncur ke alamat si pemesan.

Klik ini, klik itu, jadilah ia. Penumpang sudah siap menunggu jemputan.

Cerita kemajuan teknologi yang sudah mengorbitka seseorang yang biasa saja, menjadi millioner (atau triliyuner) kelas dunia, bisa kita dengar, lihat, dan baca, di dunia OL juga. Cerita lainnya, tentu saja tidak bisa dinafikan. Fenomena youtube yang telah mengangkat artis kampung menjadi terkenal dan menuai popularitas. Dunia digital mampu making over yang bukan siapa-siapa awalnya, menjadi artis populer. Yang terakhir disebutkan, banyak terjadi berkat layanan video youtube.

Cerita lainnya tentang blogger yang sukses mendulang uang dari hobinya ngeblog, juga sudah banyak.


Itu cerita yang sudah diketahui banyak orang. Tidak perlu saya jelaskan kembali, panjang kali lebar kali tinggi dan kali-kali yang lain.

Intinya, kemajuan teknologi sudah memmicu terbukanya banyak pintu-pintu rejeki, yang selama ini didominasi oleh kelas tertentu dan jenis profesi maupun usaha tertentu saja.
Tinggal, kita mau ikut ambil bagian tidak dalam kesempatan itu. 

Kalau anda mau bertanya, seperti judul di atas, Pilih vlogger apa blogger, untuk merasakan manisnya kue ekonomi yang dihidangkan oleh kemajuan teknologi, sebenarnya anda bisa menjawabnya sendiri. (jadi tidak perlu susah payah baca artikel ini dong? Bukan begitu maksudnya. Baca aja sampai selesai. Udah nanggung juga.. haha)
 
Kita tinggal memilih, passion kita di mana. Nanti dari passion itu akan tercipta banyak peluang. Peluang bersenang-senang sambil menghasilkan uang. Mau, kan?



Jadi pilih vlogger apa blogger?
Tunggu dulu. Banyak juga yang sukses meraih pundi-pundi rupiah lewat membangun start up (jika contoh di atas menyebutkan mitra/objeknya (tukang ojek), maka start up-nya ada go*ek, go*ar (maaf, sengaja gak ditulis, bukan artikel promosi..hihi), dan nama lainnya.

Jangan salah, menjadi facebooker juga bisa menghasilkan uang, loh! Begitu juga lewat instagram dan twitter.

Jadi, jika masih bingung pilih vlogger apa bloger, sudah percuma. Ternyata pilihan menghasilkan uang dari dunia maya bisa bermacam-macam. Mau vlogger, bloger, facebooker, dan lainya, itu terserah anda.

Passion kita di mana, kemudian link-kan dengan fasilitas yang tersedia di era digital. Tidak menutup kemungkinan dari tangan salah satu di antara anda yang membaca artikel ini, akan muncul start up jenis baru. Atau platform usaha digital lainnya.

Jadi, masih mau nanya lagi pilih jadi Vlogger (atau youtuber) apa Blogger? Itu tugas anda untuk menjawabnya. Tugas saya (yang saya tugaskan sendiri) hanya mengisi artikel di blog ini... hahaha.

***
Ingat.. Minum air putih. Minimal tiap harinya 1,5 atau 2 liter. Jumlahnya bisa bertambah tergantung aktifitas dan sebab lainnya.



Terus... Apa hubungannya dengan judul artikel di atas? Jelas ada hubngannya. Banyak minum air putih. Biar pikiran tetap jernih. Dan kamu sukses dengan apa yang kamu pilih.
Terima kasih.
Labels: Informasi, Inspirasi, Tips dan trik

Thanks for reading Penghasilan dari Online, Pilih Jadi Vlogger atau Blogger?. Please share...!

0 Comment for "Penghasilan dari Online, Pilih Jadi Vlogger atau Blogger?"

Tulia komentar sahabat di sini...

Inspirasi dan Informasi Lainnya

Kata Mutiara

Kata Mutiara
Menulis adalah kodrat yang tak boleh pupus oleh alasan apa pun. Karena bersama itu, kita akan menyadari arti pentingnya belajar, membaca, dan berbagi.
Back To Top