Di Sini Tempatnya, “Kirim Uang Dapat Uang”


Saya sudah menggunakan layanan pengiriman (transfer) uang ini sejak sekitar dua tahun lalu. Atau sekitar lima tahun sejak ide membuat aplikasi itu tercetus.


Awalnya hanya iseng, tapi lama-lama ketagihan. Karena aplikasi ini mampu menjawab kebutuhan dan keperluan saya. Dan terasa lebih menguntungkan.
 
Salah satu pekerjaan yang saya lakoni, menuntut saya melakukan pengiriman uang ke banyak rekening bank yang berbeda. Di situlah persoalan muncul. Karena mengirim uang ke banyak rekening bank berbeda, biaya admin pengirimannya jika diakumulasikan menjadi lumayan besar.
 
Saya lupa, di platform apa saya melihat info ada aplikasi yang menawarkan pengiriman antarbank bebas biaya. Saya langsung saja mendaftar di aplikasi tersebut. Ini semacam jawaban dari persoalan saya sebelumnya.

 
Jika sahabat sudah pernah dengar Flip, itulah aplikasi pengiriman uang yang saya maksud. Flip merupakan pionir penyedia layanan transfer uang antar bank berbeda, bebas biaya, alias gratis.
 
Saya mendaftar dan membuat akun di Flip awal Januari 2020. Namun, layanan Flip baru saya coba dan mulai gunakan pada pertengahan tahun (di tahun yang sama).
 
Saya ingat betul verifikasi akun Flip baru saya lakukan bulan Agustus. Setelah itu, sebagian besar transaksi pembayaran atau pengiriman uang, saya gunakan aplikasi ini.
 
Memang kadang saya masih kombinasikan dengan transfer langsung via mobile banking ke rekening tujuan dari bank yang sama, karena suatu alasan.
 
Saya masih gunakan layanan reguler, sementara jumlah yang harus ditransfer per hari yang sama, melebihi batas nilai transaksi yang dibebaskan biaya (untuk type ini). Karena jika melebihi batas tersebut (Rp 5 juta per hari), selanjutnya akan dikenakan biaya Rp 2.500 per transaksi.
 
Tapi, tahu nggak? Setelah pakai Flip, sampai saat tulisan ini diterbitkan, saya sudah menghemat Rp 595.500. Karena saya tidak perlu bayar biaya admin untuk setiap transfer uang yang saya lakukan ke berbagai bank yang berbeda.


 
Sahabat juga bisa berhemat, lho!
 
Jika tertarik menggunakan aplikasi ini, sahabat bisa buat akun dan menggunakan kode unik dari saya agar bisa dapat bonus (mumpung promo, 😊 ). Unduh dan buka aplikasi Flip di playstore, lalu daftar pakai kode CUIM3470, atau bisa juga dengan cara klik link ini: Mendaftar di Flip.
 
Selanjutnya tinggal ikuti instruksinya dan verifikasi. Jika akun sahabat sudah terverifikasi, transaksi sudah bisa dilakukan.
 
Tapi sebelum itu, mari simak cerita berikut.
 
Ide lahirnya Flip
 
Ide membuat aplikasi layanan pengirimian uang beda Bank dengan bebas biaya admin, itu mucul pada 2015. Namun realisasinya baru di awal 2016.
 
Adalah tiga anak muda, yang waktu itu masih mahasiswa di Fasilkom Universitas Indonesia, yang memiliki ide membuat aplikasi untuk memangkas biaya transfer antar bank itu. Mereka adalah Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar dan Ginanjar Ibnu Solikhin.
 
Suatu waktu, sekitar empat tahun lalu, dua anak muda yang menggawangi Flip: Ari dan Luqman, diundang oleh Bang Andi F Noya (Kick Andy) dalam acara bertema: Trendsetter Lifestyle di Era Digital.
 
Di acara itu, mereka (Ari dan Lukman) memaparkan perihal Flip, mulai dari sejarahnya hingga urusan teknis seperti layanan, dan cara kerja Flip. Bagaimana awal mula lahirnya ide Flip, hingga berkembang sampai menjadi seperti sekarang (saat itu).
 
Ternyata idenya sederhana sekali. Dan berangkat dari persoalan mereka sendiri.
 
Waktu ketiga founder Flip masih kuliah, di antara mereka sering utang-utangan. Menjadi persoalan ketika mau membayar utang, karena rekening mereka ada di bank yang berbeda. Sehingga, setiap mau bayar utang via transfer selalu kena cas, tambahan biaya admin bank.
 
Padahal, seperti dikatakan Ari, salah satu founder Flip, “biaya transfer yang Rp 6.500 itu, bisa dibeli satu porsi nasi telor dadar”.  Dari situ muncul ide, apa solusi dari biaya transfer antar bank yang waktu itu—ketika mereka masih mahasiswa— dirasa cukup memberatkan. Bagaimana supaya biaya pengiriman uang antar bank berbeda bisa gratis.
 
Ini benar-benar dimulai dari masalah mereka sendiri.
 
Awalnya, mereka mengandalkan seorang kawan yang punya banyak nomor rekening dari bank yang berbeda-beda. Rekening teman tersebut (di bank yang sama) dipinjam untuk tujuan pengiriman uang. Lalu teman tadi akan mengirimkan uang menggunakan rekening bank yang lain, yang sama dengan bank tujuan transfer.
 
Cara yang mereka lakukan tersebut betul-betul tidak dikenakan biaya untuk tiap transaksi. Mereka akhirnya menemukan solusi bagaimana transfer beda bank yang bebas biaya.
 
Tapi lama kelamaan cara ini juga terkendala. Ternyata jika selalu mengandalkan pengiriman uang ke rekening teman, bisa sangat merepotkan. Kadang si pemilik rekening sedang ada keperluan lain, sehingga uang yang dikirim tidak selalu bisa cepat sampai ke rekening tujuan (tujuan akhir pengiriman).
 
Berangkat dari situ, Ari, Lukman dan Ginanjar, kemudian berpikir untuk membangun suatu sistem pengiriman uang, agar bisa dinikmati lebih banyak orang.
 
Akhirnya dikerjakan rencana tersebut ketika lulus kuliah. “Dan keterusan” sampai sekarang.
 
Mereka buat aplikasi pengiriman uang dan dinamakan Flip, yang berfungsi sebagai jembatan transaksi antar bank.
 


Awal-awal diluncurkan, Flip digunakan oleh teman-teman mereka (Ari, Luqman, Ginanjar) di UI. Jumlahnya mencapai 100 pengguna. Saat ini aplikasi ini sudah melayani jutaan pengguna.
 
Dengan aplikasi ini, pengguna hanya perlu mentransfer uang ke rekening Flip di bank yang sama dengan yang dimiliki pengguna, terlebih dahulu. Admin Flip akan mengirimkan (meneruskan) uang ke rekening tujuan, sesuai yang dimasukkan di dalam aplikasi Flip.
 
Jadi, di Flip melayani transfer antar bank gratis, sampai batas maksimal tertentu. Dan memberlakukan biaya yang cukup murah untuk transaksi berikutnya di hari yang sama.
 
Transfer uang bisa dilakukan ke lebih 100 bank berbeda di Indonesia. Penerimanya tidak harus memiliki akun Flip.
 
Di Flip ada juga fasilitas Big Flip yang melayani pengiriman uang ke sejumlah rekening tujuan, secara bersamaan. Fasilitas ini bisa digunakan untuk pelaku bisnis, UMKM, manajemen proyek, maupun kalangan perkantoran.
 
Aplikasi ini juga melayani transfer uang ke luar negeri dengan biaya murah. Kirim uang dari Indonesia ke 12 negara di dunia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, India, Korea Selatan, Cina, Hongkong, Australia, Inggris, Jepang dan Turki.
 
Selain fitur transfer uang, di Flip juga ada layanan Top up e-wallet (OVO, GoPay, ShopeePay, dan DANA) gratis. Ada fitur PPOB untuk isi pulsa dan kuota/paket data dengan harga agen. Fitur pembayaran listrik pascabayar dan pembelian token listrik.
 
Juga ada in-app live chat yang siap membantu jika pengguna mengalami kendala atau kesulitan.

Aplikasi Flip dapat digunakan bersama aplikasi lain seperti BCA Mobile, BNI Mobile Banking (dan BNI Syariah Mobile Banking), BRImo BRI, Livin by Mandiri (Mandiri Online / Mandiri Mobile Banking), Muamalat DIN (Muamalat Mobile), Go Mobile / OCTO Mobile by CIMB Niaga, BRIS Online, Mandiri Syariah Mobile (BSI Mobile), PermataMobile X, Jenius (BTPN, BTPN Wow).
 


Transfer ke Flip juga bisa melalui ATM atau layanan e-banking lainnya seperti internet banking atau online banking dari bank yang didukung oleh Flip, seperti: IB BRI (Internet Banking BRI), BNI Internet Banking, OCTO Clicks (CIMB Clicks Indonesia), dll.
 
Bukti transaksi yang dilakukan pengguna, bisa diunduh langsung di aplikasi Flip ataupun melalui email. Aplikasi Flip juga aman, karena setiap data dienkripsi, dan layanan Flip sudah ada lisensi dari Bank Indonesia.
 
By the way, layanan-layanan yang diberikan Flip tersebut, bisa menjadi lahan usaha baru, jika kita mau. Misalnya, jasa pengiriman uang, jual pulsa dan paket data, jual token listrik dan pembayaran tagihan bulanan.
 
Mungkin ada ide bisnis lain, dari sini. Silakan jika sahabat mau berkreasi.
 
Jika sahabat tertarik menggunakan aplikasi ini, saat ini saya diundang via email untuk mendapatkan dan berbagi promo dari Flip. Ada kesempatan mendapatkan bonus bagi sahabat yang mendaftar di Flip menggunakan kode dari saya: CUIM3470, atau mendaftar di Flip melalui link berikut: Mendaftar .
 
Pengalaman saya dengan Flip
 
Hampir dua tahun setia dengan layanan fintech ini, tentu banyak pengalaman yang saya dapat. Berbagai perubahan tampilan, peningkatan layanan, bonus dan promo, upgrade hingga update aplikasi terbaru, sudah saya alami.
 
Dengan layanan pengiriman uang antar bank yang tidak menghabiskan biaya (alias gratis) itu, saya berkesimpulan: di sini tempatnya “kirim uang dapat uang”.

Baca juga: Penghasilan dari online

Karena, saya bisa berhemat, tidak harus bayar biaya admin bank untuk transaksi yang dilakukan. Jika pun ada ongkos pengiriman untuk layanan yang lebih besar (di atas batas maksimal harian untuk layanan reguler, atau layanan khusus untuk tujuan bisnis), nilainya masih di bawah biaya admin bank.
 
Dari cerita sejarah lahirnya aplikasi Flip, kita belajar bahwa ide usaha atau ide bisnis yang baik itu tidak harus muluk-muluk, yang sederhana saja.
 
Cukup temukan persoalan dan tawarkan solusi-solusi dari permasalahan yang ada. Mulai dari pribadi, lingkungan terdekat, sampai bisa membantu dan memberi kemudahan bagi banyak orang.
 
Saya sendiri sudah merasakan sangat terbantu dengan kehadiran Flip. Karena, salah satu pekerjaan yang saya lakoni, mengharuskan saya melakukan transaksi pengiriman uang. Melakukan pembayaran honor/insentif tim, yang berjumlah mulai dua sampai di atas seratus orang.
 
Ini membuat saya berpikir keras bagaimana uang bisa ditransfer dengan cepat dan aman, tanpa banyak menguras biaya pengiriman.
 
Bukan hanya layanan kirim uang, untuk keperluan kebutuhan sendiri dan rumah tangga seperti beli pulsa, beli token listrik, dan sebagainya, Flip menawarkan nominal yang lebih kecil, sehingga bisa lebih irit. Lebih menguntungkan.
 
Dari apa yang saya alami dan rasakan, makin kepincut deh buat selalu bertransaksi lewat Flip. 
 

13 komentar:

  1. Baru tau saya ternyata ada yaa apliaksi kirim uang lalu dapat uang, keren benar ni aplikasi boleh ni di coba membuat saya penasaran hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silkn Mas (cakpedia). Boleh gunakan link di atas..😊

      Hapus
  2. saya juga pengguna flip kak, apalagi sekarang ada fitur pembayaran dengan metode Virtual Account sehingga tidak ribet lagi untuk konfirmasi, dan prosesnya juga realtime

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. rasanya urusan transfers uang sangat dimudahkan dengan adanya flip.

      Hapus
  3. saya lagi mau mendaftar flip tapi ditolak terus karena dia bilang tidak mengenali wajah gitu apa karena foto ktp saya sudah buram banget ya huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru tahu ada kasus gini. Mgkin memang bagian foto itu yg harus diperjelas. Semoga berhasil ya..😊

      Hapus
  4. Wah aku juga udah pake app ini, dulu suka ada promo, transfer dapet cashback 20000. Lumayan banget berasa transfer 0 hehehe.

    BalasHapus
  5. Thanks kak udah sharing. Aku pengguna flip sejak lama dan aplikasi ini sangat membantu banget!

    BalasHapus
  6. Menurutku aplikasi ini sangat membantu mahasiswa, apalagi sering tf sana sini.. Jenius

    BalasHapus
  7. Wah udah pernah pake juga nih, dulu ada program cashback kalo transfer jadi berasa transfer mala di kasih tambahan cuan, hehe

    BalasHapus
  8. Aq juga kebantu bangedd ama app ini, lmyan bisa hemat, krn srg tf antar bank

    BalasHapus
  9. sampai sekarang belum pernah nyoba flip karena belum ada keperluan sih yang mengharuskan saya transfer ke lain bank heheh

    BalasHapus
  10. Wah ini nih yang lagi rame diomonggin buibu di grup WA hahaha, ada yg kekumpul sampe sejuta loh mas

    BalasHapus

Tulis komentar sahabat di sini...

Diberdayakan oleh Blogger.