Pahlawan Masa Kini, ...




Siapa saja dan profesi apa pun yang dijalankan, selama setia pada Nilai dan memegang teguh prinsip kebaikan universal, layak disebut pahlawan.

Tak elok dan tidak adil rasanya (juga terlalu sempit) jika kita menyebut gelar pahlawan hanya untuk orang-orang yang berjuang di bidang tertentu atau menekuni salah satu profesi saja.

Selama seseorang setia terhadap nilai-nilai universal (kebenaran, kebaikan, dan kedamaian), dia layak disebut pahlawan. Tentu hal itu disertai tindakan nyata dalam kehidupannya sehari-hari.

Misalnya, pengusaha yang tak hanya memperhitungkan profit, tetapi juga kesejahteraan karyawan dan peduli lingkungan, pun bisa disebut pahlawan.

Demikian juga dengan jurnalis atau media massa. Selama mereka setia mengusung nilai-nilai moral, menyuarakan kebenaran, dan memberi ruang bagi kaum marjinal, itu berarti pahlawan.

Ini opini saya tentang Pahlawan yang dimuat di Kompas cetak, ditulis oleh SOELASTRI SOEKIRNO (di Kompas.com bisa dilihat di link berita berikut: Pahlawan Masa Kini | Terbit Selasa, 8 November 2011 | 02:17 WIB)
Diberdayakan oleh Blogger.